20. Apa sajakah keuntungan facebok dalam pemasaran


Hasil gambar untuk GAMBAR KEUNTUNGAN FACEBOOK

KEUNTUNGAN FACEBOK

Biaya menjadi faktor yang harus dipertimbangkan dalam proses bisnis termasuk kegiatan pemasaran. Facebook memberikan kemungkinan yang besar bagi penggunanya untuk bisa menyebarkan nama perusahaan, jenis usaha, menawarkan produk, promosi jasa dengan ongkos yang relatif murah.
Hal ini disebabkan, untuk membuat akun Facebook saja tidak mengeluarkan biaya sedikitpun. Dan aktifitas lain dapat dilakukan dengan gratis.

Menyebarkan Informasi Mengenai Usaha

Facebook merupakan tempat yang tepat untuk mempublikasikan apa yang anda lakukan dalam hal bisnis. Informasi detil mengenai nama usaha, alamat, kontak, produk dan layanan.

Penjelasan Bisnis Melalui Update Status

Bagaimana cara internet marketing menggunakan Facebook adalah dengan melakukan aktivitas berupa update status. Update yang umum dilakukan oleh banyak pengguna adalah dalam bentuk teks. Teks yang dituliskan dalam wall FB dapat digunakan untuk memberikan penjelasan mengenai produk baru atau juga fungsi yang lebih banyak dari sebuah produk

Update Gambar Produk Dan Video

Selain update menggunakan teks, Facebook mengijinkan pengguna untuk melakukan posting berupa gambar atau video. Penjelasan mengenai produk melalui teks bisa saja kurang mencukupi bahkan membuat pengunjung bingung untuk memahaminya. Menampilkan gambar produk sangat membantu calon pembeli yang potensial untuk bisa mengetahui lebih jauh mengenai bentuk atau dimensi dari barang yang ditawarkan.

Menjaring Pembeli Potensial Melalui Fasilitas Tagging

Tagging merupakan fasilitas yagn disediakan oleh Fb untuk memberitahu teman tertentu mengenai status, gambar atau video yang anda lakukan. Teman yang mendapat tagging dapat mengetahui secra langsung mengenai informasi yan baru saja unda update erutama soal penawaran produk dan jasa.
Namun anda juga harus hati-hati untuk melakukan tagging. Karena melakukan tagging kepada semua teman yagn ada di dafar pertemanan FB anda akan membaut mereka terganggu. danb isa jadi teman-teman akan unfollow anda, bahkan lebih parah bisa melakuan unfriend.

Berbicara Dengan Pelanggan

Facebook memberikan fasilitas untuk dapat saling berkirim pesan (message) dengan teman di FB. Pesan yang dikirim dapat langsung dibalas dalam bentuk chatting (seperti yang dapat dilakukan dalam Yahoo Messenger). Berbicara langsung dengan teman (dalam arti pelanggan) menjadi kelebihan dari Facebook untuk bisa memberikan penawaran secara personal agar bisa terjadi transaksi pembelian.

Layanan pelanggan

Bentuk komunkasi yang beragam yang ada dalam Facebook seperti message (sama dengan email), chatting (seperti sebuah instant messenger) dan video chat membuat media online ini sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai layanan pelanggan. Pelanggan yang membutuhkan informasi penting dapat memperoleh pesan dalam berbagai bentuk di atas. Apabila kedua belah pihak, penjual dan pembeli, sedang online maka informasi dapat tersampaikan dalam waktu yang singkat dan jelas melalui fasilitas chatting.

Informasi Dapat Disebarkan Dengan Cepat

Facebook memiliki fasilitas berbagi atau sharing. Dimana setiap pengguna dapat membegikan informasi yang mereka anggap menarik dan bermanfaat dengan teman lain di jaringan pertemanan FB. Semakin banyak teman FB anda yang melakukan sharing, mana informasi anda akan banyak tersebar luar.
Cara ini biasa disebut dengan viral marketing. Dalam pemasran tradisional biasa disebut dengan pemasasaran dari mulut ke mulut. Namun dengan fitur yang dimiliki oleh FB, pengguna hanya cukup menekan tombol yang bertuliskan “share”, dan pesan sudah tersebar ke banyak akun FB lainnya.

Meningkatkan kepercayaan Pelanggan

Salah satu failitas yang menarik yang dimiliki oleh Facebook adalah “Like”. Dimana setiap pengunjung dapat memberikan penilai dengan menekan tombol “Like” bila mereka menyukai status yang anda berikan.
Semakin banyak “Like” yang diterima, maka akan membuat pengunjung semakin percaya dengan produk dan layanan yang anda berikan. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk membantu pemilik usaha untuk mendapatkan kepercayaan dan transaksi.

Meningkatkan Pengunjung Ke Website Dan Blog

Dengan meningkatnya kepercayaan teman FB untuk selalu membaca update dan informasi dari anda, hal ini dapat dimanfaatkan untuk membawa mereka mengunjungi blog atau website usaha. Tentu saja membaca informasi secara lengkap dan detil akan lebih mudah melalui web atau blog dibandingkan melalui FB.
Dengan navigasi yang mudah, membaut web etap menjadi alat yang paling baik untuk memperlihatkan siapa anda, bagimana usaha anda dan seperti apa produk yang anda tawarkan.

Target Iklan Yang Tepat

Memanfaatkan Facebook untuk promosi usaha baik barang dan produk adalah dengan memaksimalkan keunggulan yang dimilikinya seperti iklan. Pemasangan iklan dapat dilakukan melalui Facebook karena FB memang memiliki layanan premium melaui FB Ads. Dengan iklan yang dipasang pada FB dapat membantu anda mendapatkan calon pelanggan yang sesuai dengan target yang diinginkan.

Mendapatkan Lokasi

Fasilitas Fb lain yang unik dan menraik adalah layanan Facebook Places. Tools ini membantu pengguna untuk mengetahui lokasi dimana anda berada. Layanan ini hanya ada pada perangkat mobile saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4. Apa saja penyebab layanan online menjadi populer menurut kotler

proposal serundeng

Pengalaman PKL