19. Jelaskan yang dimaksud dengan pemasaran medoia sosial
Apa itu social media maketing?
Sosial Media Marketing adalah sebuah proses pemasaran yang dilakukan melalui pihak ketiga yaitu website berbasis social media. Ada banyak media social yang bisa digunakan untuk pemasaran atau promosi sebuah produk atau jasa. Akun media social yang sering digunakan untuk promosi seperti Twitter, Facebok,dan instagram. Melalui media ini, perusahaan atau brand bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran.Apa yang Dipasarkan dalam Social Media Marketing?
Banyak orang jika mendengar kata pemasaran atau marketing, Pasti langsung terfikirkan tentang iklan yang berisi produk.Tapi, pemasaran dengan media social tidak selalu berhubungan dengan jual-beli secara langsung.
Dalam sosmed. Anda bisa memasarkan konten dalam bentuk postingan di web, gambar, atau video.
Konten yang dipasarkan melalui media social ini berhubungan dengan barang atau jasa yang akan dijual.
Selain memasarkan konten, social media marketing juga memasarkan merek. Maksud dari pemasaran merek di sini adalah mengenalkan merek (secara umum) ke masyarakat secara menyeluruh. Dengan mengenalkan merek maka rasa percaya masyarakat akan meningkat dan bisa membesar konversi promosi ke penjualan.
Berikut adalah Komponen Penting yang Harus Ada pada Social Media Marketing.
Ada beberapa komponen penting yang harus ada dalam sosial media marketing. Anda harus memahami komponen di bawah ini agar proses pemasaran ini berjalan dengan lancar.1. Fokus pada Sasaran
Social media marketing bisa dilakukan oleh siapa saja, asal memiliki akun jejaring sosial mereka bisa melakukan pemasaran. Namun, pemasaran yang fokus dan tepat sasaran susah dilakukan. Sebelum memasarkan produk ada baiknya menentukan targetnya terlebih dahulu.
Lebih baik melakukan promosi ke 100 orang yang tepat sasaran daripada ribuan orang yang belum tentu mau membaca konten promosinya. Selain itu, promosi ke user yang telah ditargetkan juga bisa meningkatkan penjualan barang.
2. Sabar
Social media marketing membutuhkan kesabaran karena peluang menyerahnya seorang market besar. Pertama, konversi penjualan tidak bisa dilihat secara langsung. Masyarakat butuh diyakinkan untuk mau membeli. Untuk itu, promosi di sini harus dilakukan secara berkala dan menarik.
3. Menggabungkan Banyak Platform
Fokus ke satu media social memang sangat disyaratkan oleh banyak market. Namun, kalau Anda bisa memasukkan beberapa media sosial dengan baik, promosi bisa berjalan dengan lancar. Biasanya l di beberapa platform memiliki keunikan tersendiri dalam menanggapi promosi. Ada yang suka promosi secara hard selling, ada yang suka promosi ringan, promosi dengan gambar, dan video.
4. Ada Influencer
Selain menghadirkan konten yang bermutu, menggunakan influencer juga bisa digunakan untuk menarik banyak pembeli. Anda bisa menggunakan beberapa selebriti atau selebgram yang dekat dengan masyarakat.
5. Interaksi yang Aktif
Saat menggunakan media sosial, jangan lupakan interaksi dengan masyarakat. Saat ada yang bertanya atau melakukan komplain, Anda harus menanggapinya dengan baik. Interaksi yang aktif akan membuat merek yang Anda miliki semakin dipercaya.
Cara Kerja Sosial Media Marketing.
Sosial media marketing tidak bekerja secara langsung. Konversi penjualan membutuhkan waktu cukup lama karena masyarakat membutuhkan trust atau rasa percaya. Setelah rasa percaya ini meningkat dibarengi dengan strategi yang tepat (misal menggunakan selebgram).Lamanya proses konversi dari promosi ke penjualan ini membuat banyak marketing tidak sabar. Akhirnya mereka gagal menerapkan cara pemasaran ini meski cukup penting. Agar pemasaran ini bisa berjalan lancar, Anda harus bersabar dan menerapkan metode yang tepat, misal target promosinya jelas dan interaksi dengan masyarakat berjalan dengan baik.
Komentar
Posting Komentar